Oct 122017
 

   Saat ini,sekolah kami mengikuti perlombaan hemat energi.Yaitu (LHE 2017 ) untuk yang pertama kalinya yang di adakan oleh KEMENTRIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL REPUBLIK INDONESIA (KESDM) yang di ikuti oleh 5 kota di Indonesia , yaitu:

1.Palembang

2.Surabaya

3.Bandung

4.Denpasar

5.Jabodetabek

        Ada pula kategori kategori lomba hemat energi ada 6.Yaitu:

1.Poster

2.Fotographi

3.Mural

4.Jingle

5.Jurnalistk ilmiah

6.Video

      Kami bertiga yang beranggotakan Cut nadiya rahmadina ,       Sabrina , dan Shafa adelia .Kami bertiga mengikuti lomba jurnalistik ilmiah di sekolah kami.Ada 30 anggota  PAHLAWAN HEMAT ENERGI (PHE) yang di bagi menjadi 6 kelompok yang sesuai dengan kategori lomba .

       Setiap hari kami melakukan ceklist harian di sekolah dan di rumah , dan tentunya setelah melakukan patroli pada saat jam pelajaran di sekolah ,kami mengingatkan kepada setiap kelas apabila lampu masih menyala dan matahari bersinar dengan terang , kami meneggurnya dengan sopan .

        Kami mengikuti lomba ini untuk Indonesia dimasa depan yang lebih cerah .Kami punya satu permintaan yaitu Indonesia bisa lebih maju dari sekarang dan  melakukan penghematan energi . Solusi yang harus Indonesia mulai dari sekarang lakukan adalah :

1.Mematikan / mencabut dari stopkontak alat listrik yang tidak di gunakan / di perlukan

2.Mematikan lampu pada pagi hari- sore hari

3.Mencabut charger HP dari stopkontak bila sudah penuh

dan masih banyak lagi  lainnya

        Di SMPN 46 Palembang kami menghemat listrik dengan berbagai cara .Salah satunya kami memanfaatkan sinar matahari untuk penerangan, tetapi ketika cuaca mulai gelap , kami menggunakan lampu seperlunya saja .Dan apabila cahaya mulai terang ,kami mematikan lampu tersebut . Sekolah kami merupakan wilayah sekolah ADIWIYATA tingkat Nasional dan ingin menuju ADIWIYATA tingkat Mandiri . Dan PAHLAWAN HEMAT ENERGI (PHE) SMPN 46 Palembang pada setiap hari sabtu melakukan sosialisasi di berbagai tempat di sekitar wilayah SMPN 46 Palembang , kami sudah bersosialisasi di :

1.Komplek Nuansa Puspita Palembang

2.SDN 115 Palembang

3.SDN 116 Palembang

4.SMPN 26 Palembang

5.SMP Inaba Palembang

6.Puskesmas Sosial Palembang

        Kami merasa sangat senang karena sudah mengingatkan pada adik –adik ,kakak-kakak dan teman teman kami  .Dan apabila pahlawan hemat energi yang sedang mengikuti lomba lain, kami memberikan bantuan. Pembina kami selalu memberikan arahan kepada seluruh anggota PHE yang ada di SMPN 46 Palembang . Pembina kami selalu berkata ‘’di harapkan seluruh anggota PHE menerapkan sifat hemat energi di rumah , sekolah , dan di mana pun kami berada .

      Kerjasama kami merupakan salah satu cara untuk meraih keberhasilan , dalam mengerjakan semua kategori lomba ,kami menggambarkan sifat atau prinsip kerjasama.Penghematan energi ternyata  masih banyak yang tidak melakukannya dengan alasan mereka masih bisa membayar dengan uang yang kita miliki dan idak memikirkan apa yang akan terjadi di masa depan nanti. Ketika sumber daya alam pembangkit listrik habis.Ketika pemerintah menaikan harga listrik ,warga akan melakukan demo untuk menuntut penurunan biaya listrik. Kalau biaya tetap,mereka akan semena mena menggunakan listrik dan akan terjadi pemborosan.

        Tema kami untuk lomba hemat energy kali ini adalah ‘’ ayo potong 10% penggunaan listrik untuk masa depan yang cerah ‘’ . Jadi,kita bisa memulai menghemat energi dengan memotong 10% pemakaian listrik per harinya, bahkan boleh dilebihkan .Kita bia menghemat dengan jumlah yang kecil,misalnya 10%.

          Tampaknya kesadaran rakyat di Indonesia harus di perhatikan dan harus di urus oleh pemerintah. Karena upauya menghemat energi masih jarang di lakukan oleh rakyat Indonesia.

           Keinginan Pemerintah untuk membangun sarana pembangkit listrik terhalangi oleh faktor , misalnya :

Sungai yang dipenuhi oleh banyak sampah dan dana yang kurang mencukupi. Faktor tersebut bisa dicegah karena apapun yang terjadi ada sebab ,akibat,dan solusi.Keinginan pada setiap masyarakat mungkin teknologi yang lebih maju akan mempermudah hidup mereka.

            Untuk penyuluhan tentang pentingnya menghemat energi listrik sudah ditayangkan dan disiarkan melalui media teknologi sekarang seperti televisi,handphone,radio,poster,mural,video,dan jingle.

            Perlombaan berbagai macam kegiatan/perlombaan ini diharapkan dapat menimbulkan rasa semangat menghemat energi dimanapun kita berada.

             Pengaruh yang terbesar pada seseorang dapat berawal dari lingkungan yang ada disekitarnya.marilah kita memberikan contoh yang baik agar bisa ditiru oleh seluruh rakyat Indonesia dan mendapatkan pahala yang maha besar  .

              Sekian dulu yang dapat kami tulis,kami berharap Indonesia dapat menjadi orang orang yang peduli pada masa depan kita. 

 

Salam kami,

Hemat energi

Hemat biaya

Salam hemat energi

Karya : Cut Nadiya Rahmadina

Sabrina

Shafa Adelia

SMPN 46 Palembang

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)