Penjurian

 

Yang dimaksud Evaluasi dan Penjurian di halaman ini adalah kompetisi utama Lomba Hemat Energi Sekolah tahun 2017. Untuk kompetisi pendukung berupa tantangan bulanan (Lomba Fotografi, Lomba Jurnalistik, Lomba Jingle, Lomba Video, Lomba Poster dan Lomba Mural) informasi penjurian di masing-masing halaman lomba.

Kriteria Evaluasi

Terdapat dua komponen utama yang akan menjadi penilaian dasar untuk menentukan pemenang dari Lomba di kategori utama. Komponen-komponen ini akan dinilai dengan metode kualitatif dan kuantitatif, yang diformulasikan oleh panel ahli yang akan sekaligus menjadi juri Kompetisi.

Proses Penjurian

A. Kategori Peserta Sekolah dan Manager Energi

1. Komponen Kuantitatif

Komponen ini akan dinilai dengan seperangkat pengukuran untuk menilai kesuksesan dan konsistensi dari usaha konservasi energi yang dilakukan di sekolah. Detail mengenai komponen ini akan dihitung dari tagihan listrik bulanan dan meteran listrik.

Tagihan listrik harus dilaporkan tiap bulan kepada Sekretariat Lomba yang akan menghitung penghematan energi dan dan menilai performa dari sekolah. Performa dari komponen-komponen ini merupakan persentase penghematan energi.

2. Komponen Kualitatif (melalui Laporan Bulanan)

Komponen kualitatif termasuk pengukuran yang menunjukkan usaha dan dedikasi terhadap aktivitas penghematan energi. Usaha-usaha ini akan dinilai menggunakan parameter yang telah ditentukan oleh Sekretariat Lomba dan akan ditinjau oleh juri. Komponen ini membutuhkan:

a) Tingkat Ketanggapan

Salah satu parameter adalah mengirimkan laporan bulanan tepat waktu oleh setiap peserta seperti yang ditentukan di kalender. Tingkat ketanggapan juga ditentukan oleh input sekolah untuk panitia dan partisipasi dalam acara-acara Sekretariat Lomba, seperti tantangan bulanan.

Inovasi peserta diharapkan untuk mencari cara yang kreatif, inovatif, dan rendah biaya yang akan mendukung usaha efisiensi penggunaan energi mereka. Inovasi harus diimplementasikan di sekolah masing-masing dan dilaporkan ketika dijalankan.

b) Inisiatif

Inisiatif yang ditunjukkan oleh peserta merupakan salah satu parameter yang akan dipertimbangkan. Peserta harus dapat berperan baik dalam menjaga perilaku penghematan energi. Lebih banyak aktivitas yang dilakukan atas dorongan diri sendiri (secara internal maupun eksternal) di sekolah, maka akan semakin tinggi skor mereka!

B. Kategori Peserta Rumah Tangga dan Pahlawan Energi

1. Komponen Kuantitatif

Komponen ini akan dinilai dengan seperangkat ukuran untuk menunjukkan kesuksesan dan konsistensi dari usaha konservasi energi yang dilakukan di rumah. Komponen ini dihitung berdasarkan Tagihan Listrik Bulanan dan Meteran Listrik.

Seperti dijelaskan di dalam Kriteria Partisipasi, tagihan listrik harus dilaporkan setiap bulan kepada Sekretariat Lomba. Komponen ini ditentukan sebagai persentasi dari penghematan energi rumah tangga dan rata-rata penghematan rumah tangga mereka.

2. Komponen Kualitatif

Komponen kualitatif termasuk pengukuran yang menunjukkan usaha menuju aktivitas penghematan energi. Usaha ini akan diukur menggunakan parameter yang ditentukan oleh Sekretariat Kompetisi dan akan dinilai oleh para juri. Komponen ini membutuhkan:

a) Tingkat ketanggapan

Salah satu parameter adalah mengirimkan laporan bulanan tepat waktu oleh setiap peserta seperti yang ditentukan di kalender. Tingkat ketanggapan juga ditentukan oleh input peserta untuk panitia dan partisipasi dalam acara-acara Sekretariat Kompetisi, seperti Tantangan Bulanan.

b) Inovasi

Peserta diharapkan untuk mencari cara yang kreatif, inovatif, dan rendah biaya yang akan mendukung usaha efisiensi energi mereka. Inovasi harus diimplementasikan di sekolah masing-masing dan dilaporkan ketika dijalankan. Inovasi yang dipertimbangkan dapat berbentuk program baru maupun modifikasi dari program sebelumnya. Keduanya akan dihitung.

c) Inisiatif

Inisiatif yang ditunjukkan oleh peserta merupakan salah satu parameter yang akan dipertimbangkan. Peserta harus dapat berperan baik dalam menjaga perilaku penghematan energi. Lebih banyak aktivitas yang dilakukan atas dorongan diri sendiri (secara internal maupun eksternal) di rumah, maka akan semakin tinggi skor mereka.

Hasil

Untuk kategori utama, data-data Lomba dari peserta akan dievaluasi oleh Dewan Juri yang terdiri terdiri dari individu-individu yang memiliki reputasi baik, yang dapat berasal dari:

  • Ahli bidang efisiensi energi;
  • Ahli pendidikan;
  • Perwakilan  kementerian:  Kementerian  Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Kementerian Pendidikan Nasional (KEMENDIKNAS), atau Badan Riset Nasional;
  • perwakilan NGO yang berkaitan dengan energi dan konservasi energi.

Juri dan Sekretariat Lomba memiliki keputusan utama dan final mengenai pemenang dan keputusan tidak dapat diganggu-gugat.

 Posted by at 6:38 am