Peraturan

 

Ketentuan Umum

Sasaran dari program kegiatan ini adalah sekolah di Jabodetabek, Palembang, Bandung, Denpasar dan Surabaya.

Tiga jenis kelompok peserta kategori utama dalam lomba Hemat Energi:

  • Sekolah : Adalah peserta sekolah yang diundang untuk menjadi peserta Lomba Hemat Energi Sekolah tahun 2017 ini. Sekolah yang akan menjadi pemenang adalah peserta sekolah yang mampu melakukan penghematan energi. Dalam Lomba Hemat Energy Sekolah 2017, akan dilombakan antara peserta Sekolah untuk menjadi juara 1, 2 dan 3 dari kategori ini di tiap wilayah.
  • Siswa: Adalah peserta murid (bersama orang tua) yang bersekolah di sekolah yang terdaftar sebagai peserta Sekolah. Setiap Sekolah diperbolehkan untuk mendaftarkan 30 siswanya.
  • Guru: Adalah peserta Guru yang menjadi (ditunjuk sebagai) manager energi dari  sekolah yang terdaftar sebagai peserta Sekolah. Setiap Sekolah diperbolehkan untuk menunjuk 1 Manager Energi.

Lokasi Lomba Hemat Energi di Sekolah ini adalah di Jabodetabek, Palembang, Bandung, Denpasar dan Surabaya.

Persyaratan Partisipasi

  1. Peserta Lomba Hemat Energi Sekolah tahun 2017 adalah sekolah yang mendapatkan undangan dari Direktorat Konservasi Energi, Direktorat Jenderal EBTKE, Kementerian ESDM setelah sebelumnya dilakukan penjaringan oleh Sekretariat Lomba.
  2. Kepesertaan Lomba terdiri dari kelompok: Kelompok pertama adalah Peserta Sekolah, kelompok kedua adalah Peserta Pahlawan Energi (Siswa), dan kelompok ketiga adalah Manager Energi (Guru).
  3. Pendaftaran untuk mengikuti Lomba dapat diterima dari siswa yang sekolahnya telah terdaftar sebagai Sekolah peserta Lomba Hemat Energi.
  4. Untuk berpartisipasi dalam Lomba, peserta harus memiliki gedung atau bangunan dengan konsumsi listrik yang dapat diukur dan didokumentasi secara terpisah. Jika peserta berbagi sebuah bangunan dengan pihak lain, maka hal tersebut akan dianggap sebagai tanggung jawab peserta sehingga konsumsi energinya akan tetap dihitung sebagai input.
  5. Peserta Lomba diwajibkan untuk menyediakan data yang diminta oleh Sekretariat Lomba yang terkait dengan pelaksanaan lomba.
  6. Selama pelaksanaan lomba, dengan melalui izin dan pemberitahuan sebelumnya, peserta harus mengizinkan bangunan mereka untuk diperiksa oleh Sekretariat Lomba atau inspektor yang ditunjuk oleh Sekretariat Lomba.
  7. Pengganti peralatan rusak yang baik serta langkah-langkah penghematan energi rendah biaya seperti bola lampu hemat energi, stopkontak dengan tombol, timer, dan mikro-audit diizinkan, namun harus dilaporkan.
  8. Peserta, pada waktu yang telah dijanjikan, akan mengizinkan staf Kompetisi untuk mengambil foto dan/atau melakukan wawancara yang berkaitan dengan aktivitas dan penggunaan materi ini sebagai konten bagi newsletter, website, social media, dan saluran informasi relevan lainnya.
 Posted by at 6:24 am